Sabtu, 19 Oktober 2013

pada jurusan MATEMATIKA / FISIKA / KIMIA.

www.skripsiutama.blogspot.com
www.skripsiutama.blogspot.com
1.      Halaman Judul
Halaman Judul berisi tulisan yang sama dengan halaman sampul depan, diketik di atas kertas putih, dengan tambahan beberapa hal yaitu :
Di atas lambang ditulis penjelasan bahwa maksud skripsi yaitu sebagai salah satu syarat untuk memperoleh derajat Sarjana S1 program studi ...... pada jurusan MATEMATIKA / FISIKA / KIMIA.
2.      Halaman Pengesahan
Halaman ini memuat tanda tangan para pembimbing, para penguji dan tanggal ujian.
4.   Prakata
Prakata memuat pesan yang ingin disampaikan oleh penulis skripsi misalnya berupa ucapan terima kasih kepada para pembimbing dan segala pihak yang telah membantu penyelesaian skripsi tersebut. Dalam dengan prakata tidak perlu diungkapkan hal-hal yang bersifat ilmiah. Prakata ditutup tanggal dan tanda tangan penulis skripsi.
5.   Daftar isi
Daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh tentang isi skripsi dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang ingin langsung melihat suatu judul atau sub judul. Di dalam daftar isi tertera urutan judul, sub judul, dan anak sub judul disertai dengan Nomor halamannya.

Langkah-langkah membuat daftar isi :
Insert => Indexes and Tables =>Indexes and Table
Untuk memperbaharui daftar isi yang disebabkan kita telah menambah halaman, maka kita menggunakan cara :
Klik kanan ( pada Daftar Isi tersebut ) => Update

6.     Daftar tabel (bila diperlukan)
Jika dalam skripsi terdapat banyak tabel, perlu adanya daftar table yang memuat urutan judul tabel beserta dengan nomor halamannya. Tetapi kalau hanya ada beberapa tabel saja, daftar ini tidak usah dibuat.
7.     Daftar gambar (bila diperlukan)
Daftar gambar berisi urutan judul gambar dan nomor halamannya. Perlu tidaknya suatu daftar gambar tersendiri, sama persyaratannya dengan daftar tabel.
Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan memasukkan daftar isi, akan tetapi memiliki perbedaan dalam tipe index, yaitu Index of Tables.

8.     Daftar lampiran (bila diperlukan)
Sama halnya dengan daftar tabel dan daftar gambar, daftar lampiran dibuat bila skripsi dilengkapi dengan lampiran yang banyak dan isinya ialah urutan judul lampiran dan nomor halamannya.
9.     Arti lambang dan singkatan (bila diperlukan)
Arti lambang dan singkatan berupa daftar lambang dan singkatan yang dipergunakan dalam skripsi disertai dengan arti dan satuannya, bila dalam laporan dipergunakan banyak lambang dan singkatan.
10.   Intisari
Intisari berisi uraian singkat tetapi lengkap yang memberikan gambaran menyeluruh tentang isi skripsi. Intisari ditulis dalam Bahasa Indonesia dan tidak lebih dari 500 kata.
B. Bagian Utama
       Bagian utama skripsi mengandung bab-bab : pengantar, tinjauan pustaka, landasan teori, hipotesis (kalau diperlukan), cara penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, dan kesimpulan.
1.     Pendahuluan
a. Latar belakang berisi perumusan masalah dan faedah yang dapat diharapkan.
i. Perumusan masalah memuat penjelasan mengenai alasan-alasan mengapa masalah yang dikemukakan dalam skripsi itu dipandang menarik, penting, dan perlu diteliti. Kecuali itu juga diuraikan kedudukan masalah yang akan diteliti itu dalam lingkup permasalahan yang lebih luas.
ii. Faedah yang dapat diharapkan adalah faedah bagi ilmu pengetahuan dan bagi pembangunan Negara dan Bangsa.
b. Tujuan penelitian menjelaskan secara spesifik hal-hal yang ingin dicapai.
2.     Tinjauan pustaka
Tinjauan pustaka memuat uraian sistematis tentang hasil-hasil penelitian yang didapat oleh peneliti terdahulu yang ada hubungannya dengan penelitian yang akan dilakukan. Dalam uraian tersebut hendaknya ditunjukkan bahwa permasalahan yang akan diteliti belum  terjawab atau belum terpecahkan secara memuaskan. Fakta-fakta yang dikemukakan sejauh mungkin diambil dari sumber aslinya. Semua sumber yang diacu harus