Sabtu, 19 Oktober 2013

Landasan teori memuat penjelasan tentang konsep dan prinsip dasar

www.skripsiutama.blogspot.com
www.skripsiutama.blogspot.com
disebutkan dengan mencantumkan nama utama atau  ama keluarga penulis dan tahun penerbitan.
3. Landasan teori
Landasan teori memuat penjelasan tentang konsep dan prinsip dasar
yang diperlukan untuk memecahkan masalah penelitian dan untuk merumuskan hipotesis apabila memang diperlukan. Landasan teori dapat berbentuk uraian kulitatif, model matematis, atau persamaan-persamaan yang langsung berkaitan dengan permasalahan yang diteliti.
4. Hipotesis (bila ada)
Hipotesis memuat pernyataan singkat yang disimpulkan dari andasan teori atau tinjauan pustaka dan merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang dihadapi, dan masih harus dibuktikan kebenarannya.
5. Cara penelitian (bila ada)
Cara penelitian mengandung uraian tentang bahan atau materi penelitian, alat, tata cara penelitian, variabel dan data yang akan dikaji, dan cara analisis yang akan dipakai.
a. Bahan atau materi penelitian yang dapat berwujud populasi atau sampel, harus dikemukakan dengan jelas dan disebutkan sifat-sifat atau spesifikasi yang harus ditentukan.
b. Alat yang dipakai untuk menjalankan penelitian harus diuraikan dengan jelas dan kalau perlu disertai dengan gambar atau bagan dengan keterangan secukupnya.
c. Tata cara penelitian memuat uraian yang cukup terinci tentang cara melaksanakan penelitian, pengumpulan dan pengkajian data.
d. Variabel yang akan dipelajari dan data yang akan dikumpulkan, diuraikan dengan jelas, termasuk sifat, satuan dan kisarannya.
e. Analisis hasil mencakup uraian tentang model dan cara menganalisis hasil.
6. Hasil penelitian dan pembahasan
Bab ini memuat hasil penelitian dan pembahasan yang sifatnya terpadu dan tidak dipecah menjadi sub judul tersendiri.
a. Hasil penelitian sedapat-dapatnya disajikan dalam bentuk daftar (tabel), grafik, foto, atau bentuk lain, dan ditempatkan sedekatdekatnya dengan pembahasan, agar pembaca lebih mudah mengikuti uraian.
b. Pembahasan tentang hasil yang diperoleh, berupa penjelasan teoritik, baik secara kualitatif, kuantitatif, atau secara statistik.









PETUNJUK PENGETIKAN

Tatacara pengetikan meliputi : bahan dan ukuran, pengetikan, penomoran, pembuatan daftar tabel dan gambar, bahasa, dan tata cara pengacuan nama penulis.
A. Bahan dan Ukuran
1. Bahan : Skripsi dibuat dengan kertas HVS 80 gr/m2, tidak boleh diketik bolak-balik, dan dijilid rapi dengan sampul kertas buffalo berwarna biru laut, tanpa karton dan dilaminasi.
2. Ukuran : Kuarto (21 cm x 28 cm)
B. Pengetikan
1. Jenis huruf
a. Naskah laporan diketik dengan huruf pica ( 10 huruf  dalam 1 inchi ) dan seluruh naskah harus dipakai jenis yang sama.
b. Huruf miring atau huruf khusus lain dapat dipakai untuk tujuan tertentu, misalnya untuk menandai istilah asing. Cara mencetak miring dengan menggunakan attibute italic, dengan mengklik icon ‘ I ’ atatu Ctrl + I.
c.   Tanda – tanda yang tidak dapat diketik, harus ditulis denagn rapi memakai tinta hitam
2. Jarak baris
Jarak antara 2 baris dibuat 2 spasi, kecuali untuk intisari, kutipan angsung, judul tabel, judul gambar, dan daftar pustaka diketik dengan arak 1 spasi. Rumus diketik dengan jarak spasi sesuai dengan kebutuhan.
Cara mengedit Line Spacing bisa melalui Windows Style and Formatting atau dengan menu :
Format → Paragraph → Line Spacing
3. Batas tepi
Batas-batas pengetikan, ditinjau dari tepi kertas, diatur sebagai
berikut :
a. Tepi atas dan tepi kiri : 4 cm
b. Tepi bawah dan tepi kanan : 3 cm
4. Pengisian ruangan
Ruangan yang terdapat pada halaman naskah harus diisi penuh, artinya pengetikan harus dimulai dari batas tepi kiri sampai batas tepi kanan dan jangan sampai ada ruangan yang terbuang kecuali alinea baru, persamaan, daftar, gambar, judul, atau hal-hal yang khusus.
5. Alinea baru
Alinea baru dimulai pada ketikan ang ke-6 dari bats tepi kiri ketikan. Caranya dengan menarik segitiga terbalik yang ada pada ruler, ke posisi 6 ketikan.

6. Permulaan kalimat
Bilangan, lambang, atau rumus yang mengawali suatu kalimat harus dieja, misalnya : sepuluh ekor tikus.

7. JUDUL, Sub Judul, Anak sub judul, dan lain-lain
Untuk memudahkan membuat JUDUL, Sub Judul dan sebagainya kita menggunakan Styles and Formatting → Paragraph Styles → Font. Jadi, kita hanya sekali mengedit Font, kemudian untuk mengaktifkannya dengan Ctrl + 1 ( Untuk Heading 1 ) atau Ctrl + 2 ( Untuk Heading 2 ) dan seterusnya.
Tampilan seperti gambar di bawah ini.

a. JUDUL harus ditulis seluruhnya dengan huruf besar, diketik tebal dan diatur supaya simetris, dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa diakhiri dengan titik.
b. Sub Judul diketik seperti aline baru, semua kata diawali dengan huruf besar, kecuali kata penghubung dan kata depan, dan semua diketik tebal tanpa diakhiri dengan titik. Kalimat pertama sesudah sub judul dimulai dengan alinea baru.
c. Anal sub judul diketik mulai dari batas tepi kiri dan diketik tebal, hanya kata pertama diawali huruf besar, tanpa diakhiri dengan titik. Kalimat pertama sesudah anak sub judul dimulai dengan aline.